Jakarta, CNN Indonesia

Senyum masih menghiasi wajah Bripda Alfi meski harus mengubur mimpi untuk mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun ini.

Sebagai anggota polisi wanita (polwan), Bripda Alfi ditugaskan dalam Operasi Ketupat 2024 untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran.

Alih-alih berkumpul bersama keluarga dan sanak saudaranya di Cirebon, Jawa Barat, Alfi justru harus bersiaga bersama rekan-rekannya di Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2024 di Rest Area KM 57.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia ditugaskan sebagai salah satu anggota Tim Pengurai Macet. Jumat (5/4) malam lalu pun ia diterjunkan membantu mengurai kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

“Kalau misalkan enggak dapat buat tugas ke sini, pasti mudik, tapi karena sudah tugasnya mau gimana lagi, kita juga harus ikhlas menjalaninya karena memang udah tugasnya,” katanya saat ditemui CNNIndonesia.com, Sabtu (6/4).

Ini merupakan tahun ketiga bagi Alfi terlibat dalam pengamanan arus mudik Lebaran. Sempat merasa berat saat pertama kali menjalankan tugasnya sembari memendam rindu pada keluarga.

“Awalnya sedih pasti ada, yang lain kumpul sama keluarga besar tapi enggak bisa ikut gabung, bisa makan masakan ibunya sedangkan kita di sini lebaran pada tutup. Bingung mau makan apa,” ungkapnya.

“Awal-awal sih sedih ngerasa oh jadi polisi kayak gini, tapi pas udah tahun ini karena bukan yang pertama oh yaudah memang tugasnya,” sambung dia.

Alfi mengaku kerinduannya kepada keluarga bisa terobati saat melihat rombongan para pemudik. Apalagi, saat para pemudik itu juga memberikan semangat pada dirinya kala bertugas.

Namun, Alfi tak memungkiri dirinya kadang dibuat kesal oleh tingkah para pemudik. Bahkan, tak jarang makian diterimanya.

“Lagi ngatur (pengaturan) dimarahin, kan misal rest area penuh kita sampaikan ‘bu maaf bisa di rest area berikutnya karena udah overload‘, tapi pemudiknya ngeyel,” kata dia.

Sama seperti Alfi, Giana anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) berpangkat Sersan Dua juga harus mengubur keinginannya untuk pulang ke kampung halaman.

Namun, ini adalah pengalaman pertama bagi Giana. Sebab tahun ini Kowad turut diikutsertakan membantu pengamanan arus mudik Lebaran.

Jika tidak bertugas, Giana mengaku akan pulang untuk melepas rindu bersama keluarga di Bogor.

“Saya pasti mudik, karena itu kan momen yang cuma satu tahun sekali, biasanya memang setiap Lebaran pulang,” katanya.

Giana menyampaikan nantinya di momen Lebaran dirinya akan menyempatkan melakukan panggilan video dengan keluarga untuk melepas rindu. Meskipun, tak bisa bertemu secara langsung.

“Iya nanti video call orang tua sih pasti, walaupun enggak ketemu, jadi maaf-maafan lewat video call,” ucap dia.

(dis/bmw)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *